Minggu, 13 September 2015

Rinjani

:: Perjalanan Wisata Ke Taman Gunung Rinjani TNGR
Dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan dari kota Selong dengan waktu 1jam s/d 1,5jam perjalanan menuju ke Sembalun (entry point) TNGR. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara datang ke kawasan ini. Puncak Gunung Rinjani dengan titik tertinggi 3.726 m dpl, merupakan salah satu objek wisata yang menjadi tujuan favorit para wisatawan. Waktu yang dibutuhkan untuk dapat mencapai puncak Rinjani bervariasi tergantung banyak tidaknya istirahat sepanjang perjalanan. Sepanjang perjalanan para wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan yang luar biasa indah, seakan lelah tak terasa lagi karena telah terobati dengan keindahan pemandangannya. Seperti perjalanan saya dengan teman-teman lumayan lama, dikarenakan kami banyak beristirahat sepanjang perjalanan. Target semula berangkat dari pintu masuk TNGR pukul 10.00 WITA dan sampai Pelawangan pada malam hari, akan tetapi jauh meleset sehingga kami tiba di Pelawangan pada pukul 10.00 WITA keesokan harinya. Gpp yang pending sampai aja :D hehe...
Pelawangan merupakan sebuah persimpangan antara jalan menuju ke puncak Rinjani dengan danau Segara Anak. Jika ingin ke puncak, disarankan untuk start dari Pelawangan pada pukul 01.00 WITA s/d pukul 03.00 WITA, karena ini adalah waktu ideal untuk pendakian. Suhu udara rata-rata sekitar 20 °C; terendah 12 °C. Angin kencang di puncak biasa terjadi di bulan Agustus.
Selain itu juga di sebelah barat kerucut Rinjani terdapat kaldera dengan luas sekitar 3.500 m × 4.800 m, memanjang kearah timur dan barat. Di kaldera ini terdapat Segara Anak (segara= laut, danau) seluas 11.000.000 m persegi dengan kedalaman 230 m, dan terletak di ketinggian 2.000m dpl. Di Segara Anak banyak terdapat ikan mas dan mujair sehingga sering digunakan untuk memancing. Bagian selatan danau ini disebut dengan Segara Endut. Untuk mencapai lokasi ini kita bisa mendaki dari desa Senaru atau desa Sembalun Lawang (dua entry point terdekat di ketinggian 600m dpl dan 1.150m dpl).

Pendakian biasanya dilakukan pada bulan Juni s/d Agustus. Pada bulan Agustus, motivasi para pendaki adalah merayakan HUT RI di puncak Rinjani ataupun di Danau Segara Anak melalui kegiatan “Tapak Rinjani” yang diadakan secara rutin setiap tahunnya oleh salah satu kelompok pencinta alam di Pulau Lombok yang bekerjasama dengan Balai Taman Nasional Gunung Rinjani.
Total perjalanan wisata ke puncak Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak dapat dicapai dalam 3 hari 2 malam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar