Senin, 14 September 2015

Pantai Kuta Lombok



:: Pantai Kuta Lombok adalah salah satu wisata pantai yang indah di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pantai ini terletak di Desa Kuta, Kabupaten Lombok Tengah. Pantai dengan pasir putih ini banyak dikunjungi oleh wisatawan, tak terkecuali wisatawan mancanegara sejak didirikannya hotel-hotel baru dan akses yang sangat mudah, karena terletak dipinggir jalan raya. Berbeda dengan kondisi jalan pada waktu pertama saya ke pantai ini. Semenjak bandar udara Selaparang dipindahkan ke Lombok Tengah dan menjadi Bandara Internasional Lombok, semua infrastruktur perlahan dibenahi tidak terkecuali jalur ke Pantai Kuta.

Pantai Kuta Lombok tidak kalah indah dengan Pantai Kuta Bali, itu menurut saya :D hehe... hanya butuh penataan lagi. Sayangnya pada waktu saya ke pantai Kuta ini cuaca sedang mendung dengan efek gerimis gitu :D, meski demikian siapapun yang datang ke pantai ini tetap dimanjakan dengan keindahannya sejauh mata memandang.

Di pantai Kuta Lombok sering diadakan sebuah perlombaan, yang dilombakan itu burung merpati, saya tidak begitu mengerti :D burung merpati dilepas secara bersamaan kemudian para pemilik pergi begitu saja, entah itu merpati dibiarkan lepas begitu saja atau ditunggu ditempat tertentu untuk menentukan pemenangnya, tapi itulah yang saya temui sewaktu ke pantai ini.

Selain itu juga pantai ini tidak hanya menyuguhkan keindahan alamnya, akan tetapi satu kali dalam setahun rutin diadakan sebuah upacara sasak, yaitu upacara Bau Nyale. Dalam upacara ini bukan hanya pelaut, akan tetapi banyak warga yang turun ke laut untuk mencari cacing Nyale. Nyale berasal dari sebuah legenda. Menurut legenda, pada zaman dahulu ada seorang putri bernama Putri Mandalika, yang sangat cantik, banyak pangeran dan pemuda jatuh hati kepadanya dan ingin menikah dengannya. Karena ia tidak ingin terjadi perselisihan antara para pangeran dan pemuda yang ingin menikahinya, maka ia pun terjun ke laut. Namun sebelun itu ia berjanji akan kembali sekali dalam setahun. konon Nyale itu adalah jelmaan sang Putri Mandalika.

4 komentar:

  1. nice post, keep ur writing up brother!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok, slagi ada ide aja. jadi followers aja :D

      Hapus
  2. Good job..baru tahu ada lomba merpati di Kuta..

    BalasHapus
    Balasan
    1. entahlah, mungkin waktu itu hanya kebetulan semata tanpa ada unsur kesengajaan :D

      Hapus